Memadukan dengan sistem tabung

April 6, 2011 8:28 pm | SS Editor | Tips

Ada kelompok hobbyist penggemar tabung karena suaranya yang khas: warm.  Sebenarnya suara khas tabung itu adalah distorsi, tetapi distorsi yang mendatangkan kenikmatan. Teknologi tabung masih sangat kuno dimulai abad 20. Teknologi tabung tahun 1950an ada yang masih dipakai sampai sekarang dan masih jadi pembicaraan hangat penggemar tabung.

Walaupun kuno, harga tabung jauh lebih mahal dari harga solid state (IC, transistor). Perlu kantong lebih tebal untuk bermain tabung.

Setiap tabung mempunyai karakter tersendiri dan suaranya juga khas berbeda dari jenis tabung yg satu dengan lainnya. Umumnya suara tabung enak untuk jenis music jazz, vocal, akustik, tetapi tidak cocok untuk musik dengan beat kuat, R&B, metal, dimana transient nya harus sangat gesit. Sementara midnya memang warm, bassnya bisa kedodoran. Umumnya juga tabung tidak bisa menghasilkan power yang kuat (walau tentu ada juga yang kuat).

Banyak pencinta suara tabung memilih jalan tengah: gabungan antara solid state dengan tabung, dengan cara ini maka keuntungan solid state dan tabung dapat dinikmati sekaligus. Mereka memakai komponen tabung didalam preamp, atau di CDP, atau di DAC, atau dipenguat awal power amplifier. Bisa juga gabungan dari beberapa option itu.


Artikel terkait