Penyetelan bass treble dan volume subwoofer

April 3, 2011 7:52 am | SS Editor | Manual Guide

1. Penyetelan bass dan treble umumnya sekitar jam 11 sampai jam 3  dan tak perlu sampai maksimum karena akan terlalu memberi banyak bumbu pada musik aslinya, terkecuali jika rekaman sudah banyak cacadnya atau ruangan anda mengharuskan penyetelan demikian.

2. Penyetelan bass dan atau treble yang over akan mempercepat  kelelahan pendengaran (fatigue), demikian juga penyetelan volume  (termasuk volume subwoofer) yang over. Untuk menikmati musik indah aturlah volume, bass, treble secukupnya tetapi harmonis.

3. Penyetelan volume subwoofer diset sedemikian rupa sehingga suara dari sub dan speaker monitor terasa seimbang dan enak didengar. Jangan sampai bass terlalu besar sehingga suara keseluruhan tertutup oleh bass.

4. Kekuatan subwoofer paket 1 dan paket 2 tidaklah besar, jika dipacu dengan volume terlalu besar maka dia akan clipping/distorsi.  Padahal penggemar bass menginginkan bass yang berdentum sampai jantung bergetar, dan ini membutuhkan power yang (sangat) besar. Tidak cukup 100 watt, mungkin 300 watt, mungkin 1000 watt, mungkin lebih! Karakter suara low bass ialah dia tak akan memekakkan telinga walaupun kita didekatnya – bahkan masih bisa ngobrol. Berbeda dengan nada mid atau high yang membuat kita tak bisa ngobrol didekat speakernya. Tetapi nada low bass bisa terdengar sampai jauh ….. Mungkin anda sering mendengar sound system mobil yang bassnya berdentum sampai jauh dan berpikir: kita yang jauh saja dengar begitu keras, yang didalam mobil apa ngga budeg?

 

 


Artikel terkait