Penempatan subwoofer

April 4, 2011 7:50 am | SS Editor | Manual Guide

1. Pemasangan subwoofer: taruhlah langsung diatas lantai, jangan diangkat atau diganjal karena akan mengurangi kekuatan bass, karena pantulan dari lantai berkurang

2. Subwoofer bisa ditaruh dibawah dan ditengah-tengah speaker monitor. Bisa juga ditaruh disudut dimana nada rendahnya akan dipantulkan oleh lantai + dinding kiri + dinding kanan sehingga lebih kuat.  Subwoofer bisa juga diletakkan dibawah meja computer.

3. Kadang-kadang penempatan subwoofer harus dicoba berkali-kali sampai mendapatkan tempat terbaik yang menghasilkan suara terbaik. Pada tempat yang salah maka suara bass bisa hilang !  Tetapi pada tempat yang baik maka suara bass terdengar kuat.

4. Kadang-kadang juga, ketika subwoofer dipadukan dengan speaker satelit dalam situasi tertentu , saat volume subwoofer dinaikkan justru terasa bass nya malah turun!  Ini terjadi karena perbedaan fasa antara fasa subwoofer dengan fasa satelit. Yang satu fasa positif yang lain fasa negatif – sehingga resultante nya = nol atau mendekati nol. Untuk mengatasinya maka salah satu  (sub atau satelit) harus dibalik memasang kabel speakernya: plus masuk min dan min masuk plus.  Bagaimana jika menggunakan subwoofer aktif yang tidak bisa dibalik kabelnya? Maka yang dibalik adalah kabel speaker satelitnya.

Eksperimen memang memerlukan usaha dan perlu waktu tetapi akan menyenangkan anda untuk waktu lama.

 



Artikel terkait